Sabtu, 25 Februari 2012

Stuttering Atau Gagap


Stuttering atau gagap adalah suatu keadaan di mana aliran bicara terganggu karena adanya pengulangan dan pemanjangan suara, suku kata, kata, atau frasa, serta jeda atau hambatan yang tidak disadari yang mengakibatkan gagalnya produksi suara. Umumnya, stuttering tidak disebabkan oleh proses fisik produksi suara atau proses penerjemahan pikiran menjadi kata. Stuttering juga tidak berhubungan dengan tingkat kecerdasan seseorang.

Gangguan ini juga bersifat variabel, yang berarti bahwa pada situasi tertentu, seperti berbicara melalui telpon, tingkat keparahan stuttering dapat meningkat atau menurun. Walaupun penyebab utama dari stuttering belum diketahui secara pasti, namun faktor genetik dan neurofisiologi diduga berperan atas timbulnya gangguan ini.

GEJALA KHAS STUTTERING atau GAGAP

· Pengulangan bunyi (seperti., b-b-b-bola), silabus (seperti., ma-ma-makan), bagian dari kata    (seperti., sepak-sepak-sepakbola), keseluruhan kata dan frase.
· Pemanjangan atau pemoloran dari bunyi, (seperti, k—–ucing)
· Hambatan dalam menyelesaikan kalimat, ragu-ragu dengan atau tanpa suara diantara kata.
· Bicara yang terjadi seperti menyembur, dimana anak mencoba mengawali dan meme;lihara

EFEK STUTTERING atau GAGAP

Efek stuttering atau gagap secara fisik mungkin tidak bergitu berpengaruh namun secara psikologis mereka biasanya minder dan malu memiliki kekurangan dalam hal berbicara di depan umum. Mereka mungkin akan menjadi pendiam dan hanya bicara ke orang-orang yang dekat saja. Rasa tidak percaya diri selalu muncul secara terus-menerus dan mungkin ada rasa putus asa jika penderita stuttering dikucilkan dan selalu dicemohkan orang yang berada di sekitarnya.

1 komentar: